Jumat, 16 Maret 2012

Profil Mario 'Der Wunderkid' Goetze


Bagi public sepak bola jerman tampaknya akan sangat menyenangkan untuk melihat pemain – pemain muda mereka bersinar di Tim Nasional Jerman. Setelah Mesut Ozil dan Thomas Mueller memukau public dunia dengan penampilan mereka di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, kini anak muda dari Dortmund sudah menunggu untuk memulai aksi bagi Tim Nasional jerman.
Dengan tempat di skuad junior jerman sudah menjadi genggaman, dan ditambah dengan medali Bundesliga bersama Borrusia Dortmund. Telah cukup bagi seorang Mario Gotze untuk diberi kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan kans bertanding di Timnas Senior Jerman. Di Borrusia Dortmund nama Mario Gotze sudah menjadi andalan bagi pelatih mereka Juergen Klopp.
Sejak pindah ke Dortmund pada tahun 1998, pada saat itu ayahnya dijamin menjadi seorang Guru Besar di Universitas Teknik di kota itu. Setelah kurang lebih bermain di liga local bersama Eintracht Homruch, Mario Gotze ditemukan oleh pencari bakat Dortmund dan bisa dikatakan bahwa pencari bakat Dortmund merupakan salah satu pencari bakat yang terbaik yang ada di jerman.


Gotze memulai pertunjukannya di tim junior Hyballa dan Peter Wazinski. Penampilan mengesankan darinya segera membuat dia mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional. Dia memenangkan dua Fritz-walter medali yang diberikan setiap tahun bagi pemain terbaik jerman usia U-17 s/d U-19. Gotze juga tampil di Euro Jerman U-17 dan menang di kandangnya sendiri. Sejumlah penampilan Impresif tersebut itulah yang membuat seorang Mario Gotze menjadi nama muda yang mulai diperhitungkan di sepak bola Jerman.
Di Borrusia Dortmund bos mereka Juergen Klopp sangat ingin memanfaatkan tenaga Gotze untuk bermain di tim utama. Sayangnya pada musim 2009-2010 masih terlalu dini bagi Juergen klopp untuk memasang Gotze secara regular di tim senior Dortmund. Dan barulah pada musim 2010-2011 nama Gotze sudah rutin muncul di skuad senior Borrusia Dortmund.
Bisa dikatakan bahwa saat ini Mario Gotze adalah bakat terbaik yang telah dimiliki oleh Jerman. Permainannya sudah tak tampak bahwa dia adalah seorang playmaker muda. Caps yang diberikan pelatih jerman Joachim Low juga tidak disia – siakan oleh dia. Mario Gotze menciptakan gol melawan Brazil dan sekaligus member pembuktian bagi Joachim Low.
Beberapa saat yang lalu nama Mario Gotze juga baru saja dinobatkan sebagai pemain muda terbaik eropa. Sebuah penghargaan yang pernah diterima oleh Wayne Rooney, Lionel Messi dll. Namanya juga sempat dikait – kaitkan dengan beberapa klub besar eropa seperti Arsenal dan Real Madrid. Tapi sang agen sendiri membahtah bahwa Gotze akan hijrah dari Borrusia Dortmund.
Jika penampilan impresif Mario Gotze dapat dipertahankan atau konsisten bukan tidak mungkin dia akan menjadi salah satu bagian dari Timnas jerman di Euro 2012 mendatang. Di Timnas Jerman tidak mudah bagi gotze untuk bisa menembus posisi inti. Karena Mario Gotze mempunyai posisi yang sama dengan Mesut Ozil dan sangat sulit untuk mengambik alih posisi tersebut jika Ozil tidak Cedera.
Jika Joachim low memilih memainkan Ozil dan Gotze pada saat bersamaan, bukan tidak mungkin Dualisme pengatur irama akan terjadi di Timnas Jerman seperti Tim Inggris saat memainkan Gerrard dan Lampard pada waktu bersamaan. Akan menjadi sebuah keputusan yang sulit bagi Joachim Low, kedua pemain itu sangat hebat dan sama – sama masih muda.  Menarik untuk melihat apa yang akan terjadi di euro 2012. Apakah Gotze ? atau apakah Ozil ? atau apakah keduanya akan bermain bersama ?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar